Menjadi pengikut Kristus yang benar dan sejati ???

Banyak orang mengaku dirinya Kristen sejati dengan cara melakukan kegiatan pelayanan rutin di gereja, melakukan ibadah setiap minggu bahkan dan membangun persekutuan dengan orang-orang. Hal itu sangat baik adanya, namun ketika kita melakukan hal itu semua hanya berdasarkan sebgai rutinitas itu artinya kita hanya membuang waktu dan tenaga . Kristen artinya suatu hubungan pribadi dengan Tuhan sebagai pencipta. Kristen bukan hanya suatu lambang status KTP (Self Identity Card) Ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk menajdi orang Kristen atau pengikut Yesus yang benar dan sejati, yaitu : 1. Bertobatlah dari semua dosa-dosa mu Lukas 13:3 Tidak! Kata-Ku kepada mu. Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian. Bertobat artinya kita kembali ke jalan Tuhan 100 %. Semua otoritas hidup kita dipegang penuh oleh Tuhan. Setelah itu Yesus akan menyucikan kita dari dosa-dosa kita. Kisah Para Rasul 22:16 “Dan sekarang mengapa engkau masih ragu? Bangunlah dan berilah dirimu dibaptis dan dosa-dosamu disucikan sambil berseru kepada nama Tuhan. kita bisa melakukan pertobatan setiap hari dengan cara mengakui dosa-dosa kita setiap harian Tuhan akan mengampuni kita dengan kasih karunia Tuhan. 1 Yohanes 1:9 mengatakan “ jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan”

2. hiduplah kudus Allah yang kita sembah adalah kudus,oleh sebab itu kita yang percaya kepadanya sebagai pengikut Yesus hendaklah kita juga berusaha untuk hidup kudus, setiap hari cari kerajaan Allah. Jika kita melakukan dosa, hendaklah kita cepat-cepat meminta pengampunan kepada Tuhan agar kita dikuduskan kembali oleh Yesus. Jaga hati dan pikiran kita, biar Tuhan memperbaharui hati dan pikiran kita setiap hari. Hanya orang-orang yang kudus yang bisa melihat Tuhan. Ibrani 12:14 “Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan.” suatu alas an yang kuat bahwa kita harus hidup kudus adalah Allah yang kita sembah itu adalah Tuhan yang kudus, jadi berusahalah hidup kudus. Imamat 11:44-45 “ Sebab Akulah Tuhan Allahmu, maka haruslah kamu menguduskan dirimu dan haruslah kamu kudus, sebab Aku ini kudus, dan janganlah kamu menajiskan dirimu dengan setiap binatang yang mengeriap dan merayap diatas bumi.

1 petrus 1:15-16 “ Tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu. Sebab ada tertulis ; kuduslah kamu, sebab Aku kudus”

3. hidup dengan benar hidup benar bagi Tuha itu sangat sulit, namun kita harus terus berusaha. Karena itu yang dikehendaki Tuhan dalam diri kita. Berusahalah untuk hidup benar . hidup benar menurut pandangan kita saja belum tentu benar bagi Tuhan. Kalau orang benar tersebut hampir tidak diselamatkan Tuhan, bagaiman dengan orang yang hidup penuh dengan dosa? Berusahalah untuk terus belajar hidup benar, Roh kudus akan mengajari kita.Roh kudus akan menyadarkan kita akan dosa kita dan Ia juga akan mengajari kita untuk hidup dalam kebenaran karena Ia adalah Roh Kebenaran. 1 Petrus 4:18 “ Dan jika orang benar hampir-hampir tidak diselamatkan, apakah yang akan terjadi dengan orang fasik dan orang berdosa??????????

4. stop mengandalakan manusia, tapi andalkanlah Tuhan.

Siapakah mansuia itu sehingga kita harus hidup tergantung kepada mereka? Mereka hanya manusia biasa yang memiliki keterbatasan kemampuan, terkadang mereka lebih lemah dari kita. Ada pencipta manusia yang memiliki kekuatan luar biasa yang harus kita andalkan setiap hari dalam hidup kita yaitu Tuhan. Jangan mengandalakn manusia karena kamu akan terkutuk. Andalka Tuhan maka kamu akan diberkati. Yeremia 17 :5 “ Beginilah firman Tuhan: “Terkutuklah orang yang mengandalakan manusia yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya mennjauh dari Tuhan” Yeremia 17: 7 “ diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan, yang menaruh harapanya kepada Tuhan”

5. Taati dan lakukan firman Tuhan firman Tuhan adalah perintah Tuhan yang harus dilakukan oleh setiap pengikut-Nya. Sama seperti Seorang Kapten yang member perintah kepada prajuritnya . kita adalah prajurit Yesus, dan Yesus adalah Tuhan kita. seoarang prajurit harus melakukan perintah Tuhannya, Yakobus 1:22 “Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.

Ingatlah sobat, bahwa Tuhan itu hanya mengenal orang-orang yang melakukan kehendak Bapa disorga. Yesus selama hidupNya didunia, Ia melakukan kehendak Bapa; Ia taat dan patuh akan perintah Bapanya walaupun Ia harus disuruh mati dikayu salib. Melakukan Kehendak Bapa adalah tugas Yesus didunia. Siapa yang melakukan kehendak Bapa yang dituliskan dalam firman Tuhan maka ia berkenan masuk dalam kerajaan surga. Matius 7:21 “bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! Akan masuk kedalam kerajaan surga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang disurga.”

6. menyangkal diri setiap orang yang mengikut Yesus harus menyangkal dirinya sebagai manusia duniawi. Ia harus mengutamakan tugas pelayanan dari pada tugas sekuler duniawi. Menyangkal diri maksudnya menghilangkan kepentingan dirinya, dan mnegutamakan kepentingan tugas kerajaan surga. Yesus dengan jelas mengatakan dalam kita Lukas 9:23 “Kata-Nya kepada mereka semua:” setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus mengyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku”

7. Beritakan dan sebarkan firman Tuhan/ keselamatan bagi orang lain

Keselamatan yang kita peroleh harus kita bagikan ke orang lain, kita emmiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengenalkan keselamatan itu kepada orang lain. Jiwa-jiwa yang belum mengenal Tuhan dan belum diselamatkan harus menjadi beban kita. Yesus sebelum naik ke surga sangat jelas memerintahkan kita pengikut-pengikutnya untuk memberitakan injil keselamatan sampai keseluruh bangsa-bangsa.

Markus 16:15 “lalu Ia berkata kepada mereka: “pergilah keseluruh dunia beritakanlah injil kepada seluruh makhluk “ Matius 28:19 “ Karena itu pergilah , jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.

8. nyatakanlah apa yang salah , Menegur, menasehati dan mengajar siap atau tidak siap , waktunya sudah tiba untuk kita memberitakan firman. Katakanlah kebenaran kepada setiap kita. Kita harus sabar dalam mengjari kebenaran kepada orang lain tentang firman Tuhan, tegur bila mereka salah menurut pandangan firman dan nasehati dengan penuh kasih . 2 Timotius 4 : 2 “ Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasehatilah dengan segala kesabaran dan

pengajaran. Titus 2:7-8 “ dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu. Sehat dan tidak bercela dalam pemberitaanmu sehingga lawan menjadi malu, karena tidak ada hal buruk yang dapat mereka sebarkan tentang kita” Halleuyahh…. mari kita kerjakan keselamatn kita dengan takut dan gentar. Menjadi pengikut kristus yang gagah, sejati dan benar. Tuhan Yesus memberkati J

Nora Silalahi

Leave a comment